Pages

Sunday, February 10, 2013

Ilham Saiful Fauzi, Siswa MAN Tlogo Juara III Olimpiade Matamatika Jawa Timur


MAN TLOGO makin memantapkan eksistensinya dalam dunia pendidikan di tanah air. Dengan membuka kelas olimpiade, sekolah ini mengantarkan siswanya juara olimpiade Matematika tingkat SMA sederajat se Jawa Timur yang digelar di Universitas Islam Malang (UNISMA) pada 28 Februari 2010 lalu.

Ilham Saiful Fauzi pantas berbangga. Siswa kelas X ini telah mengharumkan nama baik MAN Tlongo di tingkat Jawa Timur. Dia baru saja meraih juara III olimpiade Matematika. Raihan prestasi ini di luar dugaan, mengingat dibanding kompetitornya yang kebanyakan tercatat kelas XI dab XII, Ilham mampu dengan percaya diri mengukir prestasi. “Kami juga tidak membebankan target. Karena memang tujuannya agar siswa punya pengalaman dan motivasi,” tutur Kepala MAN Tlogo Drs Hamim Thohari M.Ag.

Bersaing dengan 59 siswa lain se-Jawa Timur, Ilham yang mengaku sempat minder saat lomba, ternyata mampu mengerjakan soal dengan baik. Didampingi oleh pembina matematika Nanang Priyo Budi Utomo, akhirnya Ilham bisa melalui semua tahapan lomba dengan baik. “Kami berharap dengan prestasi ini debut dari kelas olimpiade ini, mampu memacu para siswa lain untuk turut berprestasi,” ujar Hamim.

Dijelaskan Hamim, dengan input siswa yang berbeda dengan sekolah-sekolah favorit yang telah sering mengukir prestasi, MAN Tlogo kini mulai merangkak naik untuk bisa mengejar prestasi. Untuk itu, dengan melihat meningkatnya tuntutan prestasi pendidikan, mulai semester II lalu, MAN Tlogo menyeleksi setidaknya 30 siswa untuk mengikuti kelas olimpiade. Para siswa yang punya minat, kemauan, dan potensi di pelajaran MIPA dan ekonomi diproyeksikan bisa bersaing di tiap lomba olimpiade. “Bisa dibilang saat ini masih uji coba. Alhamdulillah, Ilham bisa memulai debutnya dengan gemilang,” kata pria yang juga mengajar Fisika ini.

Yang membedakan kelas olimpiade dengan kelas lain, adalah pelaksanaannya di jam khusus pada sore hari. Para guru, menyusun modul atau materi olimpiade  lalu para siswa digelontor dengan soal-soal kelas olimpiade. MAN Tlogo dalam hal ini juga menjalin kerjasama dengan dosen Fakultas MIPA dan Fakultas Biologi Universitas Brawijaya Malang dalam rangka memberikan materi pada siswa di kelas olimpiade. “Jadi, benar-benar pengalaman mereka menghadapi berbagai mode soal diasah,” lanjut Hamim.
Hamim berharap ke depan para siswa di MAN Tlogo bisa termotivasi melihat prestasi  yang diraih rekannya. Sehingga mampu bersaing dan berprestasi hingga setinggi-tingginya. “Orang bisa menjadi mulia karena ilmu pengetahuan. Namun, orang tidak boleh tinggi hati karena hal itu,” kata pria murah senyum ini. (cr-1/cam)




No comments:

Post a Comment