Perkembangan Fisik dan Psikomotorik
A. Pengertian
Perkembangan Fisik dan Psikomotorik
1.
Perkembangan Fisik
Awal
dari perkembangan pribadi seseorang pada asasnya bersifat biologis. Fisik
atau tubuh manusia merupakan sistem organ yang kompleks dan sangat mengagumkan.
Perkembangan fisik individu meliputi empat aspek, yaitu sistem syaraf, otot-otot, kelenjar endokrin dan struktur/fisik
tubuh. Dalam taraf-taraf perkembangan
selanjutnya kondisi jasmaniah seseorang akan mempengaruhi kepribadiannya. Perkembangan
fisik ini mencakup aspek-aspek anatomis (struktur tubuh) dan fisiologis (fungsional
tubuh). Perkembangan fisik berlangsung mengikuti prinsip-prinsip cepalocaudal
dan prowinodestral.
2.
Perkembangan Psikomotorik
Perkembangan psikomotorik merupakan perkembangan terkait
dengan perilaku motorik (koordinasi fungsional neuromuscular system) dan
fungsi psikis (kognitif, afektif dan konatit). Dua prinsip perkembangan utama
yang tampak dalam semua bentuk perilaku psikomotorik ialah bahwa perkembangan
itu berlangsung dari yang sederhana kepada yang kompleks, dan dari yang kasar
dan global (grass bodily movements) kepada yang harus dan spesifik
tetapi terkoordinasikan (finely coordinated movements).
B. Karakteristik
Perkembangan Fisik dan Psikomotorik
1.
Karakteristik Perkembangan Fisik
a. Perkembangan
fisik pada masa kanak-kanak ditandai dengan mulai mampu melakukan
bermacam-macam gerakan dasar yang semakin baik,
pertumbuhan panjang kaki dan tangan secara proporsional, koordinasi gerak dan
keseimbangan berkembang dengan baik, dan ketahanan tubuh bertambah.
b. Perkembangan
fisik pada masa remaja yang paling menonjol terdapat pada perkembangan
kekuatan, ketahanan, dan organ seksual. Ditandai dengan pertumbuhan berat dan
tinggi badan yang cepat, pertumbuhan tanda-tanda seksual primer dan sekunder
serta timbulnya hasrat seksual yang tinggi (masa pubertas).
c. Perkembangan
fisik pada masa dewasa ditandai dengan kemampuan fisik menjadi sangat
bervariasi seiring dengan pertumbuhan fisik. Pertumbuhan ukuran tubuh yang
proporsional memberikan kemampuan fisik yang kuat. Pada masa dewasa pertumbuhan
mencapai titik maksimal dan mulai berhenti.
2.
Karakteristik Perkembangan Psikomotorik
a. Perkembangan
pada masa kanak-kanak ditandai oleh beberapa hal misalnya dapat melompat
15-24 inchi, dapat menaiki tangga tanpa bantuan, dan dapat berjingkrak. Semakin
lama mereka bisa mengontrol tindakan mereka. Untuk perkembangan berikutnya
mereka bisa makan, mandi, berpakaian sendiri, membantu orang lain, menulis,
menggambar dan lain-lain.
b. Perkembangan
psikomotorik pada masa remaja ditandai dengan keterampilan psikomotorik
berkembang sejalan dengan pertumbuhan ukuran tubuh, kemampuan fisik, dan
perubahan fisiologi. Kemampuan psikomotorik terus meningkat dalam hal kekuatan,
kelincahan, dan daya tahan. Secara umum, perkembangan psikomotorik pada
laki-laki lebih tinggi dari perempuan karena perkembangan psikomotorik pada
perempuan akan terhenti setelah mengalami menstruasi.
c. Perkembangan
psikomotorik pada masa dewasa merupakan puncak dari seluruh perkembangan
psikomotorik. Latihan merupakan hal penentu dalam perkembangan psikomotorik. Melalui
latihan yang teratur dan terprogram, keterampilan psikomotorik akan dapat ditingkatkan
dan dipertahankan. Semua sistem gerak dan koordinasi dapat berjalan dengan
baik.
C.
Perbandingan Perkembangan Fisik dan
Psikomotorik antara Pria dan Wanita
1. Perkembangan
pada Pria
a. Fisik
: lahir dengan tubuh relatif panjang, pertumbuhan tinggi lebih lama saat
praremaja dan sangat cepat saat remaja, proporsi otot lebih besar, berkembang
lebih lambat serta lebih sedikit lemak dalam tubuhnya.
b. Psikomotorik
: cara berjalan lebih kaku, kemampuan berlari lebih baik, kemampuan menulis,
menggunting dan menyusun sesuatu kurang rapi, serta lebih suka dengan kegiatan
fisik yang menantang (olahraga berat, climbing, dll).
2. Perkembangan
pada Wanita
a. Fisik
: lahir dengan tubuh relatif lebih pendek, pertumbuhan tinggi lebih cepat saat
praremaja dan menurun saat remaja, proporsi otot lebih kecil, berkembang lebih
cepat serta memiliki lebih banyak lemak dalam tubuhnya.
b. Psikomotorik
: cara berjalan lemah gemulai, kemampuan berlari rendah, kemampuan menulis,
menggunting dan menyusun sesuatu lebih rapi, serta lebih suka dengan kegiatan
fisik yang sederhana (olahraga ringan, menari, dll).
D.
Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik dan Psikomotorik
1. Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik
Faktor yang
memengaruhi perkembangan fisik (motor skills) peserta didik dibedakan menjadi dua, yakni faktor internal (keturunan,
gangguan emosional, jenis kelamin, dan kesehatan) dan faktor eksternal (lingkungan,
gizi, dan status sosial ekonomi).
2. Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Psikomotorik
Faktor yang
memengaruhi perkembangan psikomotorik peserta didik dibedakan menjadi dua, yakni faktor internal (keturunan/gen
dari orang tua, gangguan emosional, perkembangan sistem syaraf, pertumbuhan
otot, perkembangan kelenjar endokrin dan perubahan struktur tubuh) dan faktor
eksternal (pola asuh orang tua dan lingkungan).
- Implikasi
Perkembangan Psikomotor dan Fisik Terhadap Pendidikan
Pemahaman
terhadap pekembangan fisik dan psikomotorik berkaitan erat dengan perencanaan
pendidikan. Pemahaman terhadap perkembangan ini dapat membantu upaya untuk meningkatkan kualitas
pendidikan yang lebih efektif dan efisien.
1. Implikasi Pendidikan pada Anak
Anak memiliki rasa ingin tahu yang
besar. Mereka merasa tertantang untuk melakukan hal baru. Anak-anak belajar
berbuat terhadap lingkungannya sebelum ia mampu berpikir mengenai apa yang
sedang ia perbuat. Masa bermain anak merupakan masa mereka berlatih dan mempelajari
segala hal. Metode pendidikan yang cocok adalah belajar sambil bermain dengan
menggunakan permainan yang menantang dan menarik bagi anak-anak serta mampu
memicu munculnya kreatifitas anak. Orientasi pendidikan lebih ditekankan pada
aspek sikap dengan materi yang digunakan banyak berkaitan dengan fakta yakni
berkaitan dengan penggalian kasus atau peristiwa serta pengalaman empirik
peserta didik sebagai realitas kehidupan.
2. Implikasi Pendidikan pada Remaja
Remaja memiliki pola pikir intuitif dan
berpikir dengan mengkaitkan pemikiran dan idenya dengan peristiwa tertentu.
Terjadi proses asimilasi yakni penggabungan info baru dalam pengetahuan yang
ada. Orientasi pendidikan remaja lebih ditekankan pada aspek pemahaman dan
keterampilan. Remaja lebih banyak dituntut untuk terampil melakukan suatu
tindakan yang diawali dengan melakukan pertimbangan. Materi yang diajarkan
lebih berkaitan dengan konsep yang mengharuskan peserta didik mengerti akan
suatu hal. Pendidikan membimbing remaja mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya, mencapai peran sosial, mencapai
kemandirian emosional
dan mengembangkan kemampuan intelektual.
3. Implikasi Pendidikan pada Orang
Dewasa
Orang dewasa mampu menilai diri dan
situasi secara realistis, mampu menerima dan melaksanakan tanggung jawab, memiliki
kemandirian (autonomi), dapat mengontrol emosi, penerimaan sosial dan memiliki
pandangan hidup. Masa awal dewasa individu termotivasi untuk berhasil melalui
perkembangan social dan membentuk relasi. Ketidakmampuan melakukan hubungan
sosial menjadikan individu merasa terisolasi dan frustasi. Kita sudah dianggap
dewasa dan kita dituntut untuk bertanggung jawab penuh atas segala keberhasilan
dan kegagalan kita. Orientasi pendidikan lebih ditekankan pada aspek
pengetahuan dengan fokus pada materi generalisasi, yaitu kerangka pengambilan
kesimpulan dan formulasi ketentuan serta bagaimana solusi pemikiran dan
tindakan yang dilakukan. Peserta didik
dituntut untuk berpikir kritis agar mampu mengambil kesimpulan rasional. Pada periode
pertengahan dewasa muncul keinginan membantu generasi muda mengembangkan dan
mengarahkan kehidupan yang berguna melalui generativitas/bangkit. Memberikan
asuhan dan bimbingan pada anak-anak dengan mengajarkan pengetahuan, keahlian
dan keterampilan.
bismillah, minta sumbernya dong.. trmks
ReplyDeleteinjin melampirkan sumber dalam tugas, terimakasih
ReplyDeleteAssalamualaikum
ReplyDeleteMinyak tolong lampirkan sumbernya dong, terimakasih
Assalamualaikum
ReplyDeleteSumber dari mana ya? Butuh buat tugas
Terimakasih, Wassalamualaikum